Peluang Usaha Bisnis Cutting Sticker
PCutting Stickereluang Usaha Bisnis Cutting Sticker - Bisa jadi bisnis cutting sticker adalah salah satu bisnis yang cukup banyak peminatnya. Walaupun untuk memulainya membutuhkan dana modal yang tidak sedikit namun peluang untuk mendapatkan keuntungan masih sangat besar.
Ya, bisnis cutting sticker ini masih menjadi salah satu bisnis yang cocok untuk dilakukan oleh kawula muda ataupun mahasiswa. Tentu saja target konsumen pun tidak jauh dari anak-anak muda yang kreatif. Misalkan saja untuk pembuatan sticker logo kampus, modifikasi motor atau mobil, logo komunitas, sampai gambar desain kreatif buatan desainer grafis.

Untuk memulai menjalani bisnis ini kita memang perlu menghitung berapa modal yang kita miliki. Pasalnya untuk memulai saja paling tidak kita membutuhkan beberapa item penting yang tentu saja biaya pengadaannya tidak sedikit. Sebut saja mesin cutting sticker ( cutter / vinyl cutter ) yang harganya berkisar antara 500 ribu hingga puluhan juta rupiah. Belum lagi ditambah dengan bahan baku pembuatan sticker seperti vinyl ( berbagai macam warna ) dan masking tape ( sticker transparan untuk lapis luar ). Semua ini adalah item minimal yang harus dipenuhi untuk memulai bisnis cutting sticker.
Modal untuk memulai bisa bertambah manakala kita membutuhkan tempat untuk usaha yang posisinya strategis dan tentu saja jika kita tidak atau belum memiliki kemampuan untuk memproduksi sendiri maka kita akan membutuhkan karyawan yang paling tidak memiliki skill untuk melakukan "crafting". Namun ini tidak menjadi masalah jika kita sudah memiliki kemampuan untuk memproduksi sticker sendiri dan juga jika kita memilih untuk melakukan pemasaran awal secara online, dan jika perputaran modal lancar dan omset terus meningkat maka kemudian baru kita membuka tempat usaha sendiri.
Bagaimana dengan prospek keuntungan yang bisa di dapatkan? Barangkali Anda masih tidak dapat membayangkan bahwa bisnis cutting sticker ternyata memiliki prospek keuntungan yang cukup besar perbulannya. Namun Anda bisa mencoba melakukan survei atau pengamatan terlebih dahulu ke tempat-tempat bengkel cutting sticker maka Anda bisa jadi tidak menyangka bahwa bisnis ini bisa meraih keuntungan jutaan hingga belasan juta perbulannya. Angka ini sudah di potong pengeluaran rutin seperti listrik, karyawan, sewa tempat, pembelian bahan sticker dll.
Tentu saja kita tidak bisa pukul rata bahwa setiap menjalankan usaha ini kita pasti akan mendapatkan keuntungan melimpah. Semuanya juga tergantung bagaimana kita menjalankan usaha itu sendiri. Pemilihan tempat usaha, cara promosi atau pemasaran, target konsumer atau pembeli, serta etos kerja yang kita terapkan menentukan hasil dari usaha atau bisnis kita. Bagaimana? Berani mencoba?
Pengertian Cutting Sticker
Cutting Sticker secara harfiah berasal dari kata cutting yang berarti potong dan kata sticker.
Jadi cutting sticker adalah sticker potong atau sticker yang dibuat dengan cara memotong.
Lebih jelasnya adalah sebuah teknik pemotongan bahan sticker sesuai dengan desain yang diinginkan, baik itu permainan warna solid (non gradasi) maupun corak dengan menggunakan perangkat mesin cutting sticker dan komputer sebagai media desain.
Kelebihan Cutting Sticker :
·         Dibandingkan dengan sticker digital printing, cutting sticker memiliki kelebihan yaitu lebih tahan lama dan warna yang tidak mudah pudar. Jenis sticker vinyl seperti ORACAL atau 3M SCOTCHCAL bahkan memiliki ketahanan outdoor hingga 5 tahun,dibandingkan dengan sticker printing yang biasanya sudah mulai pudar tintanya setelah 1 tahun. Ini karena cutting sticker tidak menggunakan tinta/ ink sebagai pewarna sticker melainkan sticker sudah diberi pigmen warna permanen sejak dari proses produksi oleh pabrik.
·         Jenis sticker cutting seperti scotchlite atau fosfor bisa memendarkan warna pada kondisi gelap, sedangkan pada sticker digital printing sampai saat ini tidak ditemui jenis yang seperti ini.
·         Sticker Cutting merupakan jenis sticker yang contour cut artinya bentuk atau desain sticker adalah bentuk potongan dari sticker itu sendiri. Sehingga lebih fleksibel untuk diaplikasikan ke berbagai media. Sedangkan untuk jenis sticker digital printing, hasil akhir berupa lembaran berbentuk kotak persegi.Tetapi pada saat ini ada teknologi terbaru yaitu PrintCut. Teknologi ini merupakan gabungan antara digital printing dengan cutting dimana sticker yang telah dicetak/ di-print akan dipotong mengikuti contour dari bentuk desain sticker tersebut. Tetapi mesin yang bisa melakukan pekerjaan ini masih tergolong mahal apalagi ketersediaan spare part nya di Indonesia masih jarang karena tergolong teknologi baru.
Kekurangan Cutting Sticker :
·         Terbatas untuk warna-warna yang solid (non gradasi). Akan tetapi hal ini bisa disiasati dengan teknik gambar animasi, seperti menggunakan program Raster to Vector atau pakai Corel®Trace, dll. Tentu saja tidak bisa langsung dipakai karena gambar harus dirapikan terlebih dahulu.
·         Proses pembuatan yang lebih rumit dibandingkan dengan sticker digital printing
·         Waktu pengerjaan yang lebih lama karena ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan secara manual, seperti weeding/ peeling (atau mengelupas bagian sticker yang tidak perlu)
Berbagai jenis bahan sticker :
Vinyl
- Oracal Series
a. seri 651   : tersedia glossy, matt / doff ( aplikasi penggunaan yang lebih luas untuk outdoor,
                      indoor, stiker mobil, motor, papan nama, dll )
b. seri 551   : penggunaan hampir sama dengan 651 tetapi kualitas lebih bagus
c. seri 751   : tipe casting , elastisitas bagus, biasanya untuk keperluan otomotif
d. seri 8500 : translucent (semi doff) , untuk keperluan pencahayaan (neonbox dan advertising)
                      dan tingkat kelenturan diatas 8300
e. seri 8300 : transparant (biasanya untuk keperluan pencahayaan seperti neon box, atau
                      menutup kap lampu otomotif)
f. seri 970    : merupakan seri premium casting, untuk kebutuhan wrapping (bungkus full body)
g. orajet       : bisa untuk digital printing maupun cutting (printcut)
- Merk Vinyl lainnya : avery, ritrama, 3m (scothcal), mactac (maccal), dcfix, aslan, rexcall, dll
Scothlite (reflective)
Merk yg umum digunakan adalah 3M, Kiwalite dan stiker china.
Hanya merk 3M dan Kiwalite yg tersedia lebar 120 cm
berurutan dari kualitasnya : 3m - kiwalite - china (transign, seicholite, xlite, rexlite, dll)
Sandblast
Merk yg sering digunakan adalah : TAKI (120 cm & 150 cm), Hyundai, Kolon, SKJ, 3M dll. Biasanya digunakan untuk kaca kantor, gedung, interior, kaca separasi, rumah sakit, dll.
Hologram
Biasanya untuk segel atau merk suatu produk
Carbon Kevlar
Sticker ini umumnya tebal dan bertekstur, biasanya banyak digunakan untuk variasi mobil dan memerlukan alat khusus untuk memasangnya
Fosfor ( Glow In The Dark )
Stiker jenis ini banyak digunakan untuk safety sign atau rambu K3 karena kemampuannya untuk menyimpan cahaya dan menyala dalam kondisi gelap sekalipun. Biasanya dipasang pada pintu emergency, tangga darurat, dsb.

PERBEDAAN CUTTING STICKER DAN PRINTCUT STICKER
Cutting sticker pernah kami kupas habis dalam blog ini. Mulai dari arti kata cutting sticker, hingga cara membuat cutting sticker. Anda dapat mengetahui semua tentang cutting sticker  
Selain cutting sticker, ada juga yang disebut printcut sticker atau print&cut sticker dan bisa juga disebut dengan print and cut sticker. Printcut sticker berbeda dengan cutting sticker. Dan keingintahuan mengenai perbedaan cutting sticker dan printcut sticker itulah yang menginspirasi tulisan di blog spectrum advertising kali ini.
Perbedaan Cutting Sticker dan Printcut Sticker
Sekilas cutting sticker dan print cut sticker memang tampak sama saja, tetapi mulai dari cara pengerjaan, mesin yang digunakan hingga produk yang dihasilkan berbeda.
Mesin produksi cutting sticker
Mesin yang digunakan cutting sticker adalah mesin pemotong, atau dibagian seharusnya ada catridge di printer biasa, maka dalam mesin cutting sticker terdapat mata pisau untuk memotong.
Sedangkan mesin yang digunakan dalam pembuatan print cut sticker adalah mesin print to cut. Setelah mem-print desain yang diinginkan, dilanjutkan dengan memotong bagian-bagian yang ingin dipotong hingga sesuai dengan desain yang kita inginkan
Material cutting sticker
Material yang digunakan untuk cutting sticker dan printcut sticker sama saja, kecuali warna yang digunakan. Apabila cutting sticker yang bisa menggunakan warna-warna solid, maka printcut sticker dapat menggunakan warna gradasi karena pada dasarnya printcut sticker adalah print sticker yang dipotong.
Untuk membuat printcut sticker, biasanya menggunakan material yang berbahan dasar warna putih, agar warna lebih keluar. Baik itu vynil ataupun scotchlite bisa digunakan untuk membuat printcut sticker.
Waktu pengerjaan cutting sticker
Perbedaan waktu pengerjaan cutting sticker dan printcut sticker cukup lama.
Dalam pengerjaan cutting sticker, jumlah warna sangat menentukan waktu. Apabila dalam cutting sticker terdapat 3 warna, berarti waktu pengerjaan pun dikalikan 3.
Berbeda dengan printcut sticker. Printcut sticker hanya dikerjakan oleh satu mesin, sehingga waktu pengerjaan pun lebih efisien. Karena pada dasarnya, printcut sticker adalah printing yang di-cutting, warna tidak menentukan lama pengerjaan.
Harga cutting sticker
Harga cutting sticker dan printcut sticker dihitung dari kerumitan desain, waktu pengerjaan dan quantity atau banyaknya pesanan. Tetapi dalam cutting sticker, jumlah warna pun mempengaruhi harga cutting sticker.
Terlepas dari semua perbedaan antara cutting sticker dan printcut sticker, tetapi intinya tetap sama, yaitu sticker. Maka, cutting sticker dan printcut sticker dapat disatukan menjadi satu produk yang baru.
Jadi, mana yang Anda pilih? Printcut sticker? Atau Cutting Sticker?
Atau satukan keduanya, dan jadikan produk yang Anda inginkan.
Apa Itu Mesin Cutting Sticker?
Mesin cutting sticker adalah mesin yang digunakan untuk membuat tanda dan memotong kertas sticker, vinyl atau jenis kertas lainnya yang memiliki kontur serupa. Selain dikenal dengan sebutan mesin cutting sticker, mesin ini juga dikenal dengan nama lain seperti cutting plotter, alat potong sticker, vinyl cutter dan lainnya.
Di Indonesia umumnya mesin ini digunakan untuk membuat cutting sticker motor, cutting sticker mobil, garskin dll. Selain itu, mesin cutting sticker juga bisa digunakan untuk membuat banner maupun untuk keperluan iklan yang biasa ditempel di mobil. Mesin ini biasanya digunakan dalam bisnis percetakan besar maupun kecil, bisnis cutting mobil atau motor, bisnis garmen dan lain sebagainya. Meski demikian, mesin ini masuk dalam kategori entry level machine.
Jenis Bahan Apa Saja yang Bisa Dipotong Oleh Mesin Cutting Sticker?
Mesin cutting sticker bisa digunakan untuk memotong banyak jenis bahan. Beberapa bahan yang bisa dipotong oleh mesin ini antara lain polyflex, cutting sticker, sticker biasa, vinyl, stensil, polyflock dan lain sebagainya. Jadi dengan satu mesin saja, Anda bisa manfaatkannya untuk berbagai keperluan.
Misalnya saat ini Anda sedang menekuni usaha cutting sticker mobil.  Di sisi lain, anda juga memiliki usaha sablon kaos. Dengan mesin ini, Anda bisa menjalankan kedua bisnis tersebut dengan menggunakan mesin yang sama tanpa harus membeli mesin cutting sticker yang baru. Saat tidak digunakan untuk keperluan cutting sticker mobil, Anda bisa menggunakannya untuk usaha sablon kaos Anda.
Jenis Mesin Cutting Sticker Berdasarkan Negara Asal
Secara umum, mesin cutting sticker dapat diklasifikasikan berdasarkan negara asalnya. Beberapa negara yang banyak memproduksi mesin ini diantaranya adalah Jepang, Amerika, China dan Taiwan. Setiap merk dari masing-masing negara memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini penjabaran lebih lengkap mengenai jenis-jenis mesin cutting sticker tersebut:
Mesin Cutting Sticker Produksi Jepang
Sesuai dengan namanya, mesin cutting sticker jepang adalah mesin cutting sticker yang diproduksi oleh Jepang. Mesin buatan Jepang dikenal memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan mesin pabrikan lain khususnya China dan Taiwan. Karenanya, harga mesin cutting sticker Jepang pun relatif lebih mahal dibandingkan pabrikan lain. Ada harga ada kualitas. Itulah kenapa produk asal Jepang selalu menjadi pilihan ideal.
Mesin cutting sticker asal jepang juga sangat terkenal dengan keakuratan hasil dan kecepatannya. Bukankah umumnya harga menentukan kualitas? Lantas apa saja merk mesin cutting sticker Jepang yang tersedia di lapakrazi.com? Berikut ini daftarnya.
Mesin Cutting Sticker Roland
Roland, bisa dibilang ini adalah mesin cutting sticker Jepang pertama yang masuk ke Indonesia. Pengusaha-pengusaha di bidang percetakan cukup banyak yang menggunakan mesin cutting sticker yang satu ini. Umumnya, para pengusaha yang sudah pernah memakai mesin ini juga sangat loyal dan tidak mau ganti dengan merk lain.
Sebagai mesin cutting sticker pabrikan Jepang, Roland memang dikenal memiliki harga yang cukup tinggi. Bahkan bisa dibilang ini adalah mesin cutting sticker pabrikan Jepang dengan harga paling tinggi jika dibandingkan produk Jepang lainnya.
Membeli produk besutan Roland sama halnya dengan menanamkan investasi pada produk investasi jangka panjang. Namun meski memiliki harga yang tinggi, spare part mesin cutting sticker Roland termasuk yang paling banyak dan mudah diperoleh. Bahkan beberapa brand China seperti Redsail dan Jinka juga menggunakan spare part mata pisau asli Roland untuk pemotongan. Beberapa brand Amerika juga ada yang menggunakan mata pisau Roland.
Beberapa kelebihan mesin cutting sticker roland antara lain:
·         Bisa langsung memotong dari software Corel Draw
·         Bisa countur-cut
·         Telah didukung dengan servo motor
·         Hasil cutting yang berkualitas dan presisi
·         Spare part yang mudah diperoleh, termasuk mata pisaunya
·         Telah dilengkapi sensor sehingga bisa langsung memotong hasil print dan berbagai kelebihan lainnya.
Kekurangan dari mesin cutting sticker Roland dibandingkan brand Jepang lainnya terletak pada sisi harga. Bagaimanapun juga, Roland memang dikenal sebagai brand premium. Karena itu harga mesin cutting sticker Roland jauh lebih tinggi dibandingkan kompetitornya.
Roland memiliki dua varian mesin pemotong yaitu Roland Camm-1 Gx-24 dan Roland Camm-1 Pro Gx-500. Mesin cutting sticker Roland Camm-1 Gx-24 memiliki area potong 58.4 cm sementara mesin cutting sticker Roland Camm-1 Pro Gx-500 memiliki area potong 137.2 cm. Masing-masing mesin dibanderol dengan harga Rp 21 juta dan Rp 46 juta.
Saat ini Roland sudah mengeluarkan mesin cutting sticker terbaru yang diberi nama Roland Gs24 dengan area potong 58.4 cm. Perbedaan dengan tipe sebelumnya adalah force yang dinaikkan dari 250 gf  ke 350 gf. Perubahan yang cukup signifikan terlihat pada sisi bentuk fisiknya yang kini tampil sangat berbeda jauh dengan tipe sebelumnya.
Mesin ini juga tidak dilengkapi dengan kaki. Untuk itu, mesin ini cukup fleksibel dan dapat diletakkan di meja begitu saja. Dari sisi harga, Roland GS24 dibanderol dengan harga yang cukup mahal yakni Rp. 26 juta. Semua tipe tersebut dapat Anda temukan di lapakrazi.com.
Mesin Cutting Sticker Mimaki
Mimaki merupakan mesin cutting sticker pabrikan Jepang yang juga dikenal sebagai mesin potong yang sangat berkualitas. Bisa dikatakan kualitasnya setara dengan mesin-mesin produksi Roland. Secara sepintas, tidak ada perbedaan yang cukup berarti. Mimaki dan mesin cutting sticker brand Jepang lainnya seperti Roland dan Graphtec memang sudah dikenal akan kualitasnya. Mesin pabrikan ketiga merk tersebut juga telah dipercaya oleh para pelaku bisnis di berbagai sektor, mulai dari pelaku bisnis skala kecil, menengah hingga besar.
Dari segi kualitas, mesin cutting sticker Mimaki sangat bisa diandalkan. Bahkan beberapa kalangan pengusaha menilai bahwa kualitas Mimaki lebih baik dibanding Roland. Ini karena kualitasnya yang memang tidak berbeda jauh dengan mesin poduksi Roland. Yang lebih menarik dari mesin produksi Mimaki terletak pada sisi harganya. Jika dibandingkan dengan mesin cutting sticker produksi Roland, harga Mimaki masih lebih murah. Dari sisi desain, mesin produksi mimaki juga tampil cukup elegan dan terlihat tangguh.
Kekuatan brand mimaki di industri percetakan memang sudah cukup kuat dan mapan. Bahkan mungkin Anda juga sudah mengetahui bahwa Mimaki juga memiliki produk mesin digital printing. Jenis variannya juga cukup banyak.
Kelebihan mesin cutting sticker mimaki antara lain:
·         Bisa langsung memotong dari software Corel Draw
·         Bisa countur-cut
·         Telah didukung dengan servo motor
·         Memiliki  kedalaman mata pisau atau force yang mencapai 500 gf, cocok untuk memotong jenis bahan yang agak tebal
·         Bisa Print and Cut atau memotong bahan sesuai hasil print
·         Harga yang relatif lebih murah
·         Memotong dengan kecepatan yang tinggi
Yang perlu menjadi catatan terkait dengan mesin Mimaki adalah spare partnya. Perlu diketahui, spare part untuk mesin cutting sticker mimaki lebih mahal dibandingkan brand lainnya. Meski demikian, tidak sulit untuk menemukan spare part Mimaki.
Mimaki memiliki dua tipe mesin cutting sticker yaitu Mimaki Cg-60sriii dan Mimaki Cg-130sriii. Mesin cutting sticker Mimaki Cg-60sriii memiliki area potong 60,6 cm sementara Mesin cutting sticker Mimaki Cg-130sriii memiliki area potong 137 cm. Harga untuk kedua mesin tersebut secara berturut-turut adalah Rp 19 juta dan Rp 42 juta. Kedua tipe tersebut sudah tersedia di lapakrazi.com.
Mesin Cutting Sticker Graphtec
Berbicara tentang mesin cutting sticker Graphtec sama halnya dengan membicarakan mesin cutting berkelas. Stereotype mesin berkualitas memang sudah tertanam pada produk-produk Graphtec, bahkan sebelum dibeli oleh Jepang. Sebenarnya, Graphtec adalah brand asal Amerika. Namun saat ini merk tersebut telah dibeli oleh Jepang dan menjadi salah satu brand yang cukup disegani.
Banyak sekali perusahaan-perusahaan mulai dari skala kecil, menengah hingga besar di Indonesia yang menggunakan mesin Graphtec dalam menjalankan bisnisnya. Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi, bahkan ada juga yang memberikan statement bahwa Graphtec lebih bagus dari Roland dan Mimaki meski harganya lebih murah. Karena itulah Graphtec bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang mencari kualitas dengan harga yang lebih terjangkau.
Beberapa kelebihan mesin cutting sticker Graphtec antara lain:
·         Automatic Panelling, kemampuan untuk memisahkan gambar yang besar menjadi beberapa bagian
·         Harga yang relatif murah di antara mesin Jepang
·         Dapat memotong font hingga berukuran 3 mm
·         Langsung bisa digunakan dari corel draw dan adobe ilustrator
·         Juga memiliki fitur print and cut
·         Memiliki sensor AMRS 5.0 yang lebih canggih dari sebelumnya dan berbagai kelebihan lainnya
Secara umum sulit meyebutkan kekurangan dari mesin cutting sticker Graphtec. Jika dibandingkan dengan mesin buatan Roland dan Mimaki, harga mesin buatan Graphtec masih lebih murah. Namun jika dibandingkan dengan mesin buatan China, memang ada selisih harga yang cukup banyak. Jika ditanya tentang kelemahan mesin buatan Graphtec, mungkin itulah satu-satunya kelemahan yang bisa disebutkan.
Graphtec memiliki dua varian mesin cutting sticker yaitu Graphtec ce6000-60 dan Graphtec ce6000-120. Graphtec ce6000-60 memiliki area potong 60 cm sementara Graphtec ce6000-120 memiliki area potong yang lebih lebar yaitu 120 cm. Masing-masing mesin dibanderol dengan harga Rp. 18 juta dan Rp. 42 juta. Semuanya dapat Anda temukan di lapakrazi.com.
Satu hal yang pasti. Mesin cutting sticker Graphtec adalah mesin berkelas untuk pebisnis berkelas!
Mesin Cutting Sticker Produksi Amerika
Jika dibandingkan dengan brand mesin cutting sticker asal Jepang, China dan Taiwan, brand asal Amerika memang masih kalah populer. Bahkan merk Amerika yang saat ini tersedia di pasar Indonesia hanya ada satu yaitu Silhouette Cameo. Meski masih kalah popular, Silhouette Cameo sudah cukup dikenal di dunia bisnis percetakan.
Beberapa kalangan ada yang menyebut bahwa Silhouette Cameo adalah produk Jepang karena berada di bawah satu payung bersama dengan Graphtec. Namun selain Silhouette Cameo, sebenarnya masih ada merk mesin cutting sticker atau vinyl cutter lain yang juga berasal dari Amerika yaitu Vinyl Express. Merk lain yang juga berasal dari Amerika adalah USCutter.
Mesin Cutting Sticker Silhouette Cameo
Jika merujuk pada website resmi milik Graphtec, Silhouette Cameo adalah salah satu produk besutannya. Namun Silhouette Cameo juga memiliki website khusus yang menyebutkan bahwa mesin ini merupakan mesin produksi Amerika. Di artikel ini kami memasukkan Silhouette Cameo ke kategori mesin cutting sticker pabrikan Amerika, bukan Jepang. Menurut kami, hal ini bukan masalah. Toh, kedua negara ini memang sama-sama penghasil produk-produk berkualitas bukan?
Beberapa kelebihan Silhouette Cameo antara lain:
·         Hasil potong yang presisi
·         Support countur cut
·         Kualitas produk lebih baik dibandingkan mesin Cina
·         Telah didukung oleh software yang cukup baik, Silhouette Studio
Kekurangan dari silhouette cameo antara lain harga mata pisau yang relatif mahal. Ukuran mata pisau yang tersedia juga relatif kecil (hanya 30 cm) dan tidak support corel draw ataupun adobe ilustrator.
Beberapa waktu terakhir, Silhouette Cameo mengeluarkan produk terbarunya yang diberi nama New Silhouette Cameo. New Silhouette Cameo telah mengalami beberapa pembaruan seperti display touch screen, hasil cutting yang lebih baik dan suara mesin yang lebih soft.
Silhouette Cameo Ini adalah salah satu jenis mesin best seller di lapakrazi.com. Di Indonesia, mesin ini juga banyak digunakan untuk membuat sticker ukuran kecil atau garskin.
Silhouette cameo adalah mesin cutting sticker mini yang dibanderol dengan harga Rp. 5,5 juta. Karena harganya yang cukup terjangkau, banyak yang tertarik dengan mesin yang satu ini.
Mesin Cutting Sticker Vinyl Express
Brand Vinly Express memang masih terdengar cukup asing di pasar Indonesia. Produsen mesin cutting sticker yang satu ini memang lebih mudah ditemui di pasar Amerika dibandingkan di Indonesia. Meski demikian, kualitas mesin produksi Vinyl Express dikenal cukup baik. Sebagai merk Amerika, produk ini tidak perlu diragukan lagi. Bahkan merk ini bisa dijadikan pilihan alternatif selain Roland.

Ada beberapa tipe vinyl cutter yang tersedia di pasar Amerika seperti Vinyl Express R-Series, Vinyl Express Qe6000 series, Vinyl Express Q-Series, Vinyl Express EnduraCUT2 dan Vinyl Express EnduraCUT3.
Beberapa kelebihan mesin cutting sticker Vinyl Express diantaranya:
·         Kualitas potongan bagus dan presisi
·         Harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Roland
·         Dukungan software yang cukup baik
Kekurangan dari produk Vinyl Express adalah sulitnya mendapatkan produk tersebut. Meski layanan purna jual di negara asalnya sana dikenal cukup baik, mendapatkan dukungan service yang memadai di Indonesia sangatlah sulit. Ini karena belum adanya agen resmi yang menjual produk ini, begitu pula dengan service center. Karena itu, satu-satunya cara untuk membeli produk dari Vinyl Express adalah dengan mengimportnya sendiri yang tentu saja akan memakan biaya yang lebih besar.
Mesin Cutting Sticker UsCutter
Kualitas adalah hal pertama yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih mesin cutting sticker. Dan untuk urusan yang satu ini, USCutter memiliki reputasi yang cukup baik di negara asalnya sana, yaitu Amerika.
Sama seperti Vinyl Express, brand yang satu ini memang kurang begitu populer di Indonesia. Saat ini juga masih belum banyak agen resmi yang menjual mesin produksi USCutter. Namun yang paling menarik dari produk besutan USCutter adalah valuenya. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa mendapatkan produk berkualitas. Kualitas produknya juga tidak kalah dengan mesin cutting sticker pabrikan Amerika lainnya.
Beberapa kelebihan mesin cutting sticker USCutter antara lain:
·         Kualitas potongan baik dan presisi
·         Dapat menggunakan mata pisau merk Roland
·         Banyak digunakan untuk kebutuhan industri
·         Desain yang kokoh dan solid
·         Harga relatif terjangkau
Sama halnya dengan produk besutan Vinyl Express, kekurangan terbesar dari USCutter adalah sulitnya mendapatkan produk ini. Untuk saat ini, satu-satunya cara untuk mendapatkan mesin cutting USCutter adalah melalui import. Pembahasan dalam buku manualnya juga terlihat sangat teknis dan kaku. Karena itu banyak pengguna baru yang merasa kesulitan dengan instruksi yang diberikan.
Kekurangan lain dari mesin ini adalah sedikitnya pilihan ukuran mata pisau. Ukuran terbesar yang tersedia hanya 34 inchi. Karena itu, mesin ini lebih cocok untuk memotong sticker atau vinyl berukuran kecil dan kurang cocok untuk memotong vinyl yang berukuran besar.

Mesin Cutting Sticker Produksi Cina
Jika mendengar brand China, umumnya orang akan langsung menjustifikasinya sebagai produk murahan atau kurang bisa diandalkan. Namun jangan langsung underestimate dengan mesin brand Cina! Meski datang dari dataran China, mesin cutting sticker asal China cukup bisa diandalkan.
Menilai mesin cutting sticker sebenarnya tidak bisa disamakan dengan menilai produk consumer pada umumnya. Walaupun made in China, mesin-mesin produksi China memiliki kualitas yang sangat bagus dan sangat bisa diandalkan, khususnya untuk mesin-mesin industrinya. Hal ini juga berlaku untuk mesin cutting sticker.
Customer kami banyak yang sudah membuktikan kualitas dari mesin-mesin buatan China. In fact, mayoritas customer kami banyak yang lebih memilih mesin cutting sticker pabrikan China untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka. Ini karena harganya yang memang jauh lebih terjangkau dibandingkan mesin produksi Jepang ataupun Amerika. Berikut beberapa list mesin cutting sticker pabrikan China yang tersedia di lapakrazi.com.
Mesin Cutting Sticker Jinka
Anda yang sudah biasa dengan dunia cutting sticker tentu sudah tidak asing dengan brand yang satu ini. Jinka memiliki reputasi yang cukup baik di dunia bisnis percetakan dan cutting sticker. Brand yang satu ini juga telah dikenal sebagai salah satu brand mesin cutting sticker terbaik asal China. Banyak pengusaha cutting sticker di Indonesia yang menggunakan brand ini.
Kelebihan mesin cutting sticker Jinka antara lain:
Mesin yang bandel dan tahan lama. Bahkan ada yang sudah memakainya hingga bertahun-tahun dan masih berfungsi dengan baik
·         Harga yang relatif murah, terlebih jika dibandingkan dengan produk Jepang
·         Mata pisau menggunakan merk Roland yang sudah terkenal akan kualitasnya
·         Memiliki banyak pilihan area potong (30 cm, 40 cm, 60 cm dan 120 cm)
·         Banyak digunakan oleh para pengusaha sehingga tidak perlu diragukan lagi
·         Desain yang elegan dan kokoh, khususnya tipe Jinka XL dan berbagai kelebihan lainnya
Kekurangan dari Jinka tidak berbeda jauh dengan mesin produksi China pada umumnya. Salah satunya adalah kualitas produk yang termasuk mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Jinka juga menggunakan software bernama artcut yang berarti tidak bisa memotong langsung dari Corel Draw maupun Adobe Illustrator.
Saat ini, Jinka memiliki tiga varian mesin yaitu Jinka 361 dengan area potong 30 cm, Jinka 721 dengan area potong 60 cm dan Jinka 1351 dengan area potong 120 cm. Masing-masing mesin dibanderol dengan harga Rp 4,5 juta, Rp 5,5 juta dan Rp 6,5 juta.

Sekitar satu tahun terakhir, Jinka kembali mengeluarkan tipe terbaru yaitu tipe XL. Tipe XL memiliki banyak keunggulan dibandingkan tipe Jinka standar. Ada tiga pilihan Jinka tipe Xl yaitu Jinka Xl 451 E dengan area potong 40 cm, Jinka Xl 721 E dengan area potong 60 cm dan Jinka Xl 1351 E dengan area potong 120 cm. Masing-masing produk dibanderol dengan harga Rp 4,8 juta, Rp 5,8 juta dan Rp 6,8 juta. Harganya hanya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan tipe standar.
Sebelum mengambil keputusan dan melakukan pemesanan, pastikan untuk selalu menyesuaikan pilihan dengan budget yang Anda miliki. Untuk dana yang terbatas, Jinka bukanlah pilihan yang buruk.
Mesin Cutting Sticker Redsail
Mesin cutting sticker dengan merk Redsail sudah begitu dikenal di kalangan pebisnis cutting sticker. Bisa dikatakan, Redsail merupakan mesin cutting sticker pabrikan Cina yang pertama kali masuk ke Indonesia. Tidak heran jika Redsail merupakan salah satu brand yang paling banyak dicari oleh para pengusaha cutting sticker. Beberapa customer kami bahkan mengatakan bahwa kualitas Redsail lebih baik dari Jinka (kecuali Jinka XL).
Beberapa kelebihan mesin cutting sticker Redsail antara lain:
·         Mesin yang bandel dan tahan lama, kualitasnya bisa disamakan dengan Jinka
·         Harga yang relatif murah, terlebih jika dibandingkan dengan produk Jepang
·         Mata pisau menggunakan merk Roland yang telah terbukti kualitasnya
·         Memiliki banyak pilihan area potong (mulai dari 40cm, 60cm hingga 120 cm)
·         Banyak digunakan oleh para pengusaha sehingga telah terbukti kualitasnya
·         Merupakan mesin pendahulu di kalangan mesin cutting sticker China lainnya
Redsail memiliki tiga varian yaitu Redsail rs500c dengan area potong 40 cm, rs720c dengan area potong 60 cm dan rs1360c dengan area potong 120 cm. Masing-masing produk dibanderol dengan harga Rp. 4,5 juta, Rp. 5,5 juta dan Rp 7,5 juta
Mesin Cutting Sticker Teneth
Salah satu jenis mesin cutting sticker yang bisa menjadi pilihan adalah Teneth. Kualitas mesin ini setara dengan Jinka Xl namun dengan harga yang sedikit lebih mahal. Dari sisi desain, Teneth tampil cukup menarik dan elegan. Beberapa waktu yang lalu Teneth juga telah mengeluarkan produk terbaru mereka yang diberi nama T-Series. Ini adalah tipe upgrade dari tipe sebelumnya. Dari sisi kualitas, T-series juga lebih baik dibandingkan tipe sebelumnya.
Secara sekilas, beberapa kelebihan Teneth dibandingkan mesin cutting sticker lainnya antara lain:
·         Mesin yang bandel dan tahan lama, kualitasnya bisa disamakan dengan Jinka XL
·         Mata pisau menggunakan merk Roland yang telah terbukti kualitasnya
·         Memiliki banyak pilihan area potong (30 cm, 60 cm dan 120 cm)
·         Bisa memotong langsung dari Corel (untuk Teneth seri T)
Kekurangan dari Teneth terletak pada sisi harga yang lebih mahal dibandingkan Jinka dan Redsail.
Teneth juga memili tiga varian mesin yaitu Teneth Th440 dengan area potong 30 cm, Th740 dengan area potong 60 cm dan Th1330 dengan area potong 120 cm. Masing-masing dihargai sebesar Rp 4,5 juta, Rp 6 juta dan Rp 7,5 juta.
Untuk seri T, anda harus merokoh kocek sedikit lebih dalam.
Mesin Cutting Sticker Produksi Taiwan
Ada tiga jenis mesin cutting sticker produksi Taiwan yang tersedia di lapakrazi.com. Ketiga jenis ini merupakan produk buatan perusahaan besar bernama GCC, perusahaan di bidang produksi mesin percetakan yang berbasis di Taiwan. GCC sudah memasarkan produknya ke wilayah Eropa dan Amerika selama 15 tahun terakhir. Beberapa produknya juga telah diterima dengan baik di pasar tersebut. Berikut penjelasan masing-masing tipenya.
Mesin Cutting Sticker I Craft
I Craft adalah salah satu produk mesin cutting sticker/vinyl cutter/scrapbook cutter pabrikan GCC.  Bisa dikatakan, kualitas I Craft setara dengan Silhouette Cameo. Hanya saja I Craft terbaru sudah bisa langsung memotong melalui software Corel Draw, sementara di sisi lain Silhouette Came belum mendukung fitur tersebut. Namun dari sisi desain, I Craft tidak tampil seelegan mesin cutting sticker Silhouette Cameo. I Craft memiliki area potong sebesar 30 cm dan dibanderol dengan harga sebesar Rp. 5.5 juta.
Kekurangan dari I Craft adalah desain yang tampak kurang menarik, terlebih jika dibandingkan dengan Silhouette Cameo. Untuk urusan hasil, Anda tidak perlu khawatir. Kemampuan mesin ini bisa diadu dengan mesin besutan Silhouette Cameo.
Mesin Cutting Sticker GCC Expert
Mesin cutting sticker Expert dari GCC adalah pilihan terbaik bagi para pengusaha yang bergerak di usaha cutting sticker dan semacamnya yang membutuhkan kecepatan, kualitas yang baik, dan juga mesin yang tahan banting.
Kelebihan lain dari mesin cutting sticker GCC Expert adalah:
·         Bisa memotong langsung dari Corel Draw
·         Hasil cutting yang cukup baik, bahkan bisa disamakan dengan hasil cutting mesin-mesin buatan Jepang
·         Harga yang relatif lebih murah dibandingkan mesin Jepang, namun sedikit lebih mahal dibandingkan dengan mesin China
Kekurangan dari GCC Expert terletak pada reputasinya. Saat ini, GCC Expert masih belum memiliki reputasi yang cukup baik di pasaran. Para pengusaha baru maupun yang sudah lama masih ragu untuk menggunakan mesin cutting sticker yang satu ini. Namun Anda tidak perlu khawatir, mesin GCC Expert bisa menjadi salah satu pilihan terbaik dan alternatif selain mesin China dan Jepang.
Mesin cutting sticker GCC Expert yang tersedia di lapakrazi.com ada 4 macam. Di area potong 60 cm ada GCC Expert 24 dan GCC Expert 24LX yang sudah dilengkapi dengan sensor. Masing-masing produk dibanderol dengan harga Rp 8 juta dan Rp 13 juta.
Sementara di area potong 120 cm ada GCC Expert 52 dan GCC Expert 52Lx dengan area potong 120 cm yang sudah dilengkapi sensor. Masing-masing produk dihargai sebesar Rp 17 juta dan Rp 20 juta.
Mesin Cutting Sticker GCC Puma
Puma adalah mesin cutting sticker dari GCC yang masuk dalam kategori Elite, satu tingkat dibawah Jaguar. Ya, Jaguar adalah salah salah tipe mesin cutting sticker dari GCC yang sudah pernah masuk ke Indonesia dan telah digunakan oleh banyak pelaku usaha Indonesia. GCC Puma bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang menginginkan mesin berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau. Meski tidak sebaik mesin produksi Jepang, kualitas GCC Puma tidak perlu diragukan lagi.
GCC Puma memiliki dua varian yaitu GCC Puma p3-60 dengan area potong 60 cm dan GCC Puma P3-132s dengan area potong 120 cm. Masing-masing produk dihargai sebesar Rp 18 juta dan Rp 34 juta.
Popularitas dan reputasi GCC Puma memang masih belum sebaik mesin cutting sticker Jepang ataupun Amerika. Namun Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan mesin yang satu ini. Dengan Puma, Anda bisa memajukan bisnis Anda meski dengan budget yang terbatas. Mesin cutting sticker Puma juga telah terbukti mampu memberikan hasil yang sesuai dengan harapan.
Mesin Cutting Sticker GCC Jaguar
Mungkin Anda masih sedikit ragu dengan mesin cutting sticker buatan GCC. Jika memang ini yang menjadi permasalahannya, Anda bisa mempertimbangkan salah satu produk andalan GCC, GCC Jaguar. Ini adalah mesin cutting sticker andalan GCC yang tentu saja sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.
Dari sisi desain, GCC Jaguar memang tampak tidak berbeda jauh dengan produk besutan GCC lainnya. Tidak ada yang menarik. Hanya tampak desain yang sangat sederhana tanpa ada sentuhan khusus. Mungkin itu karena GCC hanya ingin fokus pada kemampuan produknya. Namun di luar itu semua, mesin ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya:
·         Hasil cutting yang cukup baik
·         Harga yang relatif lebih murah
·         Telah mendukung sistem operasi Windows 2000/XP/Vista/7/8 dan Mac OS X 10.4-10.7
·         Kualitas yang prima tentu harus ditebus dengan harga yang sepadan. Karena itulah harga Jaguar relatif lebih mahal dibandingkan dengan mesin cutting sticker GCC lainnya yakni berkisar di harga Rp 30 juta.
Cara Menggunakan Mesin Cutting Sticker
Mesin cutting sticker sebenarnya cukup mudah dioperasikan. Secara keseluruhan, cara menggunakan mesin cutting sticker dan proses pengoperasiannya dapat dibagi dalam beberapa fase yaitu persiapan, pembuatan gambar desain, pemasangan sticker ke dalam mesin, cetak gambar dan finishing. Dalam setiap fase ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Sebelum mulai menggunakan mesin cutting sticker, pastikan untuk mempersiapkan mesin tersebut. Pastikan mesin telah terhubung dengan sumber tegangan listrik dan nyalakan mesin dengan menekan tombol online yang terdapat pada mesin. Setel bahan sticker dan atur sedemikian rupa sehingga sticker tampak lurus. Jika sticker belum lurus, jangan jalankan mesin. Hal ini bisa berakibat buruk khususnya pada pola yang dihasilkan. Selanjutnya, setel kecepatan dan tekanan pisau.
Setelah semua proses persiapan selesai dilakukan, mesin cutting sticker sudah siap digunakan dan siap memulai proses produksi.
Setiap proses harus dilakukan secara berurutan. Hal ini harus dilakukan demi memperoleh hasil terbaik.
Tips Merawat Mesin Cutting Sticker
Agar mesin cutting sticker bisa bertahan lama, sangat penting untuk memberikan perawatan yang tepat, terlebih untuk merk-merk China seperti Jinka, Redsail dan Teneth. Mesin dari ketiga merk tersebut memang membutuhkan perawatan ekstra. Ini dikarenakan mesin-mesin asal China memang dikenal sangat sensitif. Karena itu Anda harus tahu bagaimana cara merawat mesin cutting sticker.
Setidaknya, mesin harus dibersihkan secara rutin dengan kain lap dan bersihkan motor dengan spray silicon. Gunakan stabilizer dan UPS untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti listrik yang tidak stabil dan mati listrik. Hindari juga setting pressure yang terlalu tinggi. Dengan cara ini, Anda bisa memperpanjang masa pakai mesin cutting sticker.
Perawatan mesin cutting sticker idealnya dilakukan sejak Anda membeli mesin tersebut. Sebagai sebuah investasi, tentu penting untuk menjaganya agar tetap beroperasi dengan baik. Semakin lama mesin tersebut dapat bertahan, semakin banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Hal ini berlaku untuk semua merk mesin bahkan untuk merk mesin yang terkenal akan kualitasnya seperti Rolland, Graphtec, Jaguar dan Cameo.
Dan yang terakhir, pastikan untuk menggunakan mesin sesuai dengan buku petunjuk, khususnya untuk merk China. Mesin produksi China dikenal sangat sensitif. Untuk itu, jangan pernah menggunakan mesin-mesin tersebut secara sembarangan. Namun Anda tidak perlu khawatir. Semua mesin cutting sticker yang ada di lapakrazi.com dilindungi garansi.
Proses Kerja Mesin Cutting Sticker
Pada dasarnya mesin cutting sticker bekerja seperti mesin plotter. Hanya saja, mesin ini bekerja dengan teknologi yang lebih canggih. Secara sekilas, teknologi yang digunakan mirip dengan printer. Mesin ini bahkan juga dilengkapi dengan cardtridge. Hanya saja berbeda dengan printer biasa, cartridge pada mesin cutting sticker tidak dilengkapi dengan tinta. Cartridge ini berfungsi untuk menggenggam mata pisau pemotong. Karena itulah bagian ini juga biasa disebut knife holder.
Knife holder ini nantinya akan berfungsi untuk membuat potongan-potongan sesuai dengan pola yang ditransfer oleh komputer. Untuk mendapatkan potongan yang sesuai dengan desain, knife holder ini akan bergerak ke kiri dan ke kanan mengikuti pola yang telah dibuat. Karena knife holder hanya dapat bergerak ke kiri dan ke kanan, mesin cutting sticker juga dilengkapi roll untuk menggerakkan sticker ke atas dan ke bawah mengikuti pola desain.
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mesin Cutting Sticker
Memilih mesin cutting sticker memang gampang-gampang susah. Setidaknya Anda harus tahu beberapa hal sebelum mulai mengambil keputusan. Ada 4 hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih mesin cutting sticker. Keempat hal tersebut diantaranya adalah kekuatan hasil potongan, kecepatan potongan, daya tekan mesin dan dukungan software cutting. Anda bisa melihat semua itu di dalam spesifikasi produk. Jika memungkinkan, Anda bisa menguji keempat aspek tersebut sebelum memutuskan untuk membeli mesin cutting sticker.
Dengan kekuatan dan keakuratan potongan yang baik, hasil terbaik bisa diperoleh. Dengan kecepatan tinggi, Anda bisa mendapatkan kecepatan produksi yang sesuai dengan keinginan. Dengan daya tekan yang besar, mesin dapat memotong bahan yang tebal dan dengan dukungan software cutting, proses produksi bisa berjalan dengan lebih efektif dan mudah.
Jika Anda membutuhkan mesin dengan tingkat keakuratan tinggi, mesin cutting sticker asal Jepang seperti Mimaki, Roland dan Graphtec bisa dijadikan pilihan. Merk-merk tersebut juga terkenal akan kecepatannya. Dari sisi harga, produk-produk tersebut memang relatif mahal. Namun jika Anda menginginkan produk dengan harga yang lebih terjangkau, mesin asal Taiwan dan China seperti Jinka, Redsail, Teneth dan GCC bisa menjadi pilihan yang tepat.
Terakhir, pilihan tentu berada di tangan anda. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda.
Mesin cutting sticker bisa menjadi mesin bisnis yang sangat menjanjikan. Ada banyak peluang bisnis yang bisa diciptakan dari mesin yang satu ini. Salah satu yang paling populer adalah bisnis cutting sticker motor. Coba bayangkan, ada berapa banyak sepeda motor di Indonesia? Setiap tahunnya, jumlah pengguna motor juga terus tumbuh. Pertumbuhan ini tentu mempengaruhi pertumbuhan bisnis cutting sticker motor.
Bisnis cutting sticker mobil juga tidak kalah menguntungkan. Sama halnya dengan sepeda motor, jumlah pengendara mobil di Indonesia juga terus mengalami pertumbuhan. Meski tidak sebanyak motor, margin keuntungan yang dapat diperoleh dari bisnis cutting sticker mobil masih lebih besar dari bisnis cutting sticker motor.
Selain bisnis yang telah disebutkan di atas, mesin cutting sticker juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis percetakan dan bisnis garment.
Lantas berapa modal untuk membangun bisnis cutting sticker? Sebenarnya jumlah modal yang diperlukan sangat tergantung dengan bisnis yang digeluti dan skala bisnis yang ingin dibangun. Namun sebagai gambaran, Anda bisa memulai bisnis ini dengan 3 buah mesin cutting sticker, 3 set komputer desain, kamera digital, scanner, printer dan meja gambar. Dengan estimasi ini, setidaknya Anda membutuhkan investasi awal sebesar Rp 85 juta.
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Cutting Sticker
Popularitas bisnis cutting sticker di Indonesia terus bertumbuh. Bisnis ini juga telah terbukti mampu memberikan keuntungan finansial yang cukup menggiurkan. Namun sebelum memulai bisnis cutting sticker, tentu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Anda perlu tahu tips memulai bisnis cutting sticker.
Beberapa hal yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah mesin cutting sticker, komputer, tempat usaha, bahan baku, peralatan penunjang, gerai display dan keterampilan. Yang terakhir, para calon pengusaha cutting sticker juga perlu mengelola keuangan dengan baik.
Satu hal yang sangat vital dalam bisnis cutting sticker adalah mesin cutting sticker itu sendiri. Karena itu pastikan untuk memilih mesin yang berkualitas. Ada beberapa brand yang sudah teruji kualitasnya. Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan aspek harga dan kemudahan dalam memperoleh spare partnya.
Komputer yang digunakan hendaknya memiliki spesifikasi standar komputer desain grafis. Tidak perlu terlalu tinggi, Setidaknya, spesifikasinya cukup memadai untuk menjalankan beberapa aplikasi desain grafis seperti Corel Draw dan illustrator. Untuk tempat usaha, pilihlah tempat yang strategis dan mudah ditemukan.
Lalu, Mesin Cutting Sticker Mana yang Terbaik?
Jika berbicara mengenai mesin cutting sticker terbaik secara keseluruhan, jawabannya tentu mesin-mesin produksi Jepang seperti Graphtec, Roland dan Mimaki. Namun kekurangan dari mesin-mesin tersebut terletak pada sisi harga yang relatif mahal.
Jika Anda memiliki budget yang besar, kami menyarankan untuk memilih mesin buatan Jepang. Menurut kami, mesin cutting sticker sama seperti investasi jangka panjang. Tentunya Anda berharap dapat menggunakan mesin Anda untuk waktu yang lama bukan? Jika demikian, jangan ragu untuk mengeluarkan dana lebih demi mendapatkan pilihan yang lebih baik.
Namun jika budget yang anda miliki terbatas, Anda bisa mengambil alternatif mesin Taiwan atau Cina. Performa dan kualitas mesin cutting sticker dari dua negara tersebut juga tidak begitu mengecewakan.
Sekali lagi, Anda tidak perlu takut ataupun ragu dengan produk Taiwan dan China. Mesin cutting sticker tidak bisa disamakan dengan produk kualitas China yang lain. Bahkan jika dibuat perbandingan, banyak customer kami yang lebih memilih membeli produk China. Ini dikarenakan harganya yang cukup terjangkau dan kualitasnya yang cukup baik.
Mesin Cutting Sticker Berkualitas Jaminan Produktivitas
Kualitas selalu menjadi pertimbangan fundamental dalam memilih mesin cutting sticker. Mesin cutting sticker berkualitas tidak hanya unggul dalam hal daya tahan dan performa namun juga mampu memberikan hasil terbaik. Dengan kata lain, ini juga akan berpengaruh pada produktivitas dan reputasi bisnis Anda.
Setiap produk yang kami jual telah terbukti kualitasnya dan dilindungi oleh layanan purna jual yang baik.
Baca Selengkapnya disini
HARGA STICKER MOBIL                                STICKER MOTOR VIXION                CUTTING STICKER MOBIL
STICKER MOBIL VARIASI                              STICKER MOTOR MIO                     CUTTING STICKER MOTOR
CONTOH STICKER MOBIL                              STICKER MOTOR BEAT                   CUTTING STICKER MURAH
STICKER MOBIL AVANZA                               STICKER MOTOR LUCU                   CUTTING STICKER BEKASI
STICKER MOBIL JAKARTA                              STICKER MOTOR JUPITER              DESAIN CUTTING STICKER
STICKER MOBIL BANDUNG                            JUAL STICKER MOTOR                    HARGA CUTTING STICKER
STICKER MOBIL FULL BODY                          GROSIR STICKER MOTOR               BISNIS CUTTING STICKER
STICKER MOBIL KELUARGA                           STICKER MOTOR SCOOPY            
STICKER MOBIL HELLO KITTY                       STICKER MOTOR CBR

STICKER MOBIL HAPPY FAMILY                     STICKER MOTOR R15

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: